ISWANTO, BILAL and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor Siswa Kelas XI TSM SMKN Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS BILAL ISWANTO FULL, - Bilal Iswanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media
pembelajaran augmented reality berbasis android untuk meningkatkan
partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknik sepeda
motor. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, evaluation). Adapun yang menjadi subjek
validasi adalah tim ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi sedangkan
populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMKN di Rejang Lebong dan
sampel adalah siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor di SMKN 1 dan SMKN 7
Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi,
angket respon guru dan siswa, serta tes tertulis. Sedangkan analisis data
dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t paired
samples t-test dan uji t independent t-test. Analisis data yang digunakan adalah
uji nilai rata-rata dan uji t menggunakan SPSS versi 26 Hasil validasi ahli media
dan ahli materi termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil analisis uji t
partisipasi belajar, terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil analisis uji t posttest, terdapat perbedaan signifikan prestasi
belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian
pengembangan ini adalah media pembelajaran augmented reality berbasis
android materi piston yang dikembangkan sangat layak dan dapat
meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa secara signifikan.
Kata Kunci: Augmented reality, Android, Partisipasi Belajar, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27768 |