PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran PKn Kelas II SD Negeri 23 Kecamatan Lahat)

PUSPITA, DEBI and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran PKn Kelas II SD Negeri 23 Kecamatan Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS DEBI (A2M023028)-dikompresi - Debi Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan
partisipasi dan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri 23 Lahat pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Model TPS dipilih sebagai solusi
atas permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh metode
pengajaran yang kurang variatif dan kurangnya interaksi antar siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Data
dikumpulkan melalui observasi partisipasi siswa dan tes prestasi belajar sebelum
dan sesudah penerapan model TPS. Analisis data dilakukan secara statistik untuk
menguji perbedaan signifikan antara prestasi belajar sebelum dan sesudah
intervensi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2024/2025 di kelas II SDN 23 Lahat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif terhadap peningkatan
partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Terdapat
perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah
penerapan model TPS. Hal ini menunjukkan bahwa model TPS efektif dalam
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan mendorong
mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian,
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk
meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di
tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Partisipasi, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:21
Last Modified: 07 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27770

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200