Winarti, Evi and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI SAINS SISWA (Studi Pengembangan pada Mata Pelajaran IPAS di SMK Negeri 1 Benakat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Evi winarti_A2M023064_ - Anita Lima Nopsurah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kelayakan
dan keefektifan E-modul berbasis proyek dengan bantuan aplikasi canva
dalam meningkatkan kemandirian belajar dan literasi sains siswa kelas X
SMK Negeri 1 Benakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah rancangan pengembangan (research and development) dengan
model ADDIE (analyze, design, development, implement dan evaluate).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Benakat
dengan sampel Kelas X AKL dan X TKR Otomotif. Teknik pengumpulan
data menggunakan Angket kelayakan untuk dosen ahli dan guru IPAS,
angket respon siswa, lembar observasi kemandirian belajar siswa, serta
soal pretest dan posttest kemampuan literasi sains. Teknik analisis data
yang digunakan merupakan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan: (1) e-modul berbasis proyek layak digunakan untuk
proses pembelajaran materi energi dan perubahannya siswa SMK kelas X
dengan kriteria penilaian “Sangat Layak”. (2) peningkatan kemandirian
belajar siswa yang menggunakan e-modul berbasis proyek termasuk
dalam kriteria Cukup dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 2,11. (3)
peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang menggunakan e-modul
berbasis proyek cukup tinggi dllihat dari nilai rata-rata test kelas
eksperimen sebesar 52,67 (pretest) dan 78,67 (posttest). (4) e-modul
berbasis proyek efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan
literasi sains siswa berdasarkan hasil analisis uji t pada kemandirian
belajar 0,024 dan literasi sains siswa sebesar 0,002.
Kata kunci : e-modul, kemandirian belajar, literasi sains, project-
based learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27774 |