Nurjayanti, Elza and Nina, Kurniah and Nesna, Agustriana (2025) PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DAN KETERAMPILAN KOLABORATIF (Studi pada Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ELZA NURJAYANTI - Elza Nurjayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Perkembangan berpikir simbolik anak dalam berhitung dan perilaku prososial
anak dalam keterampilan kolaboratif yang rendah serta kemampuan guru dalam
memilih penerapan pendekatan dalam pembelajran tergambar pembelajaran hanya
berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan
CRT untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan keterampilan anak kelompok B
TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas dilanjutkan dengan quasi eskperiment. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil
penelitian penerapan pendekatan CRT dapat meningkatkan kemampuan berhitung
dan keterampilan kolaboratif anak TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu pada
siklus I, II dan III membuktikan bahwa penerapan pendekatan CRT efektif
dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Hasil penelitian pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan dalam
kemampuan berhitung anak melalui penerapan pendekatan CRT. Keunggulan
penelitian ini dapat menerapkan pembelajaran kontekstual yang responsive budaya
melalui penerapan pendekatan CRT sehingga pembelajaran menjadi menarik,
bervariasi dan menyenangkan.
Kata Kunci : pendekatan culturally responsive teaching, kemampuan berhitung,
keterampilan kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27775 |