Damayanti, Herta and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tebing Tinggi). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS HERTA DAMAYANTI A2M023035 - Herta Damayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model Problem
Based Learning (PBL) berbantuan teknologi digital untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Fisika kelas XI SMA Negeri 3 Tebing Tinggi tahun pelajaran 2024/2025.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga
siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa pada lima indikator: penjelasan
sederhana, keterampilan dasar, menyimpulkan, penjelasan lanjut, dan
membangun strategi serta teknik. Prestasi belajar siswa juga mengalami
peningkatan pada setiap siklus. Analisis statistik menggunakan uji-t sampel
independen menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen
dan kelas kontrol, dengan hasil yang lebih baik pada kelas eksperimen.
Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan teknologi digital
efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar
siswa.
Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Teknologi Digital,
Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27779 |