Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Siswa kelas V SD GUGUS MERAPI TIMUR)

Guslianah, Ita and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran PAI Siswa kelas V SD GUGUS MERAPI TIMUR). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS ITA - Herta Damayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan
kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa. Latar belakang
penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelas
serta kurangnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide secara
efektif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas [isi dengan kelas dan
sekolah], dengan jumlah [jumlah siswa] orang. Data dikumpulkan melalui
observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa model Think Pair Share mampu meningkatkan interaksi antar siswa,
memperkuat kemampuan komunikasi lisan, serta meningkatkan hasil
belajar siswa. Penerapan langkah-langkah TPS secara sistematis
memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir secara mandiri, berdiskusi
secara berpasangan, dan berbagi gagasan dengan kelompok yang lebih
besar, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan bermakna.
Dengan demikian, model TPS terbukti efektif dalam meningkatkan
kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: Think Pair Share, pembelajaran kooperatif, kemampuan
komunikasi, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:21
Last Modified: 07 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27780

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200