PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR ( Studi Pada Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Kikim Barat Kabupaten Lahat )

Arziskarni, Leli and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR ( Studi Pada Mata Pelajaran PPKN Siswa Kelas IV SDN Gugus 2 Kikim Barat Kabupaten Lahat ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Tesis Leli - EKA NASTRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) Mendiskripsikan
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan keterampilan sosial siswa, 2) Mendiskripsikan Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran PPKN dan 3) Mendiskripsikan
Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PPKN Siswa
Kelas IV SD Negeri Gugus 2 Kikim Barat Kabupaten Lahat. Permasalahan
yang ada pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan
kurang bervariasi, rendahnya sikap keterampilan sosial siswa dalam
mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 20
orang pada penelitian PTK, 20 orang pada penelitian kelas eksperimen,
dan 20 orang pada penelitian kelas control.Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil pada penelitian
ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan Keterampilan sosial siswa pada mata
pelajaran PPKN. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN Siswa
Kelas IV SD Negeri Gugus 2 Kikim Barat Kabupaten Lahat.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keterampilan
Sosial, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:21
Last Modified: 07 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200