Balkis, Maryani and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AutoCAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Instalsi Penerangan Listrik Kelas XI Di SMK Negeri 1 Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MARYANI BALKIS FINAL LENGKAPP - Bilal Iswanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan media
pembelajaran berbasis AutoCAD yang dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI, dan (2)
Mendeskripsikan efektivitas pengembangan media pembelajaran berbasis
AutoCAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and
Development/R&D) dengan model ADDIE, terdiri dari tahap Analisis,
Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian
siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Rejang
Lebong. Teknik pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif melalui
observasi, kuesioner (angket), serta pengukuran hasil belajar
menggunakan pretest (diberikan sebelum pembelajaran) dan post-test
(setelah penggunaan media pembelajaran). Analisis data dilakukan dengan
menghitung nilai rata-rata (mean) dan uji-t. Instrumen validasi yang
digunakan adalah skala Likert, melibatkan ahli materi dan ahli media. Uji
coba media pembelajaran dilakukan pada 60 siswa, yang terdiri atas 20
siswa dari kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen, serta
XI TITL 3 sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t pada data post-test menunjukkan
nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Hal
ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)
Media pembelajaran berbasis AutoCAD yang dikembangkan dinyatakan
layak untuk digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI
Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan
Listrik. (2) Penggunaan media pembelajaran berbasis AutoCAD terbukti
efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Prestasi Belajar, Penerangan Listrik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27783 |