PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas V Di Gugus 4 Kikim Selatan)

SUPRIADI, MASPERI and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas V Di Gugus 4 Kikim Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Tesis Masperi Supriadi-2025A2M023042 (1)_compressed (1) - Khodijah Khodijah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament untuk meningkatkan
Toleransi dan prestasi belajar siswa kelas V di Gugus 4 Kikim Selatan.
Rancangan penelitian tindakan kelas menggunakan alur penelitian
Arikunto..Subjek penelitian penelitian adalah siswa kelas V di Gugus 4
Kikim Selatan yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar penilaian dan lembar tes. Sedangkan teknik analisa
data rata-rata (mean) dan persentase analisa data kusai eksperimen
dengan uji-t. Dari analisis data pada siklus I hasil observasi pelaksanaan
pembelajaran dengan skor 4,94 kriteria kurang meningkat pada siklus II
sebesar 5,63 kategori kurang dan meningkat lagi pada siklus III sebesar
6,69 dengan kategori baik, kemudian hasil observasi Toleransi siswa siklus
I dengan jumlah rata-rata sebesar 2,25 kriteria kurang meningkat pada
siklus II menjadi 2,93 kategori baik kemudian meningkat pada siklus III
sebesar 3,53 kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa siklus I dengan
rata-rata nilai post-test sebesar 70,43 ketuntasan belajar klasikal 57%,
meningkat pada siklus II 74,17 ketuntasan belajar klasikal 70% kemudian
meningkat lagi pada siklus III sebesar 85,26 ketuntasan belajar klasikal 96
%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelejaran Kooperatif tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan
Toleransi dan prestasi belajar.
Kata kunci : Team Game Tournament, Toleransi , prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:21
Last Modified: 07 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27785

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200