MIRDIANSYAH, MIRDIANSYAH and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Muatan Pelajaran IPAS Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas V SD Negeri 23 Lahat ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS MIRDI OK - Debi Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan
Pendekatan Contektual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa . Metode penelitian
yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dan kuasi
eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SMP Negeri 23
Lahat semester 2 Tahun Pelajaran 2024/2025. Jumlah siswa untuk kelas
PTK 32 Orang, untuk Kelas Eksperimen 31 Orang, dan untuk kelas
Kontrol 30 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi Penerapan Pendekatan Contektual
Teaching Learning ( CTL) , lembar onservasi kemampuan berpikir kritis
siswa dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan skor rata-rata dan
uji test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang
tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pendekatan Contektual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis , prestasi belajar dan efektifitas hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 23 Lahat.
Kata Kunci : Penerapan Pendekatan Contektual Teaching Learning
(CTL), Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27786 |