LENA, NORA and Alexon, Alexon and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP POSITIF DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SD 11 Gugus 3 Kikim Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS NORA LENA A2M023046 (REVISI BENAR) - Debi Puspita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model
pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan sikap positif dan
prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS) di SD 11 Gugus 3 Kikim Barat. Latar belakang penelitian ini
didasarkan pada rendahnya tingkat kepercayaan diri dan prestasi
belajar siswa, yang sebagian besar disebabkan oleh metode
pembelajaran konvensional yang monoton dan kurang menarik. Metode
Quantum Learning menawarkan pendekatan inovatif yang berfokus
pada keterlibatan aktif siswa, menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan, serta menghubungkan materi pembelajaran dengan
kehidupan nyata.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruh penerapan metode
Quantum Learning terhadap dua variabel utama: sikap positif dan
prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan
angket sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode Quantum Learning secara
signifikan meningkatkan kepercayaan diri siswa dan hasil belajar
mereka dalam mata pelajaran IPS. Temuan ini memberikan kontribusi
teoritis bagi pengembangan ilmu pendidikan, khususnya dalam
pembelajaran IPS, serta manfaat praktis bagi guru, siswa, dan sekolah
dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, penerapan
metode Quantum Learning dapat menjadi alternatif efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran IPS di sekolah dasar, sekaligus
membekali siswa dengan kemampuan sosial yang relevan untuk
menghadapi tantangan era modern
Kata kunci: Prestasi Belajar, Kepercayaan Diri, Quantum Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27826 |