PARYONO, PARYONO and Bambang, Sahono and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus 1 Kikim Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS PARYONO 2 - Khodijah Khodijah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk meningkatkan
tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus 1
Kikim Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas
dan penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas
V SD Negeri Gugus 1 Kikim Barat yang terdiri dari kelas PTK, kelas
Eksperimen, kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk
meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Hal ini
ditunjukkan oleh hasil analisis data yang menunjukkan peningkatan
aktivitas belajar dan sikap tanggung jawab pada setiap siklus. Uji-t test
juga menunjukkan angka signifikan yang berarti model pembelajaran
Kooperatif Tipe Picture and Picture efektif untuk meningkatkan tanggung
jawab dan prestasi belajar siswa V SD Negeri Gugus 1 Kikim Barat.
Kata Kunci: Model Kooperatif tipe picture and picture, tanggung jawab,
prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27827 |