PENGEMBANGAN APLIKASI E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Kelas X TJKT di SMK Negeri 1 Rejang Lebong)

Aziza, Kurnia and Bambang, Sahono and Alexon, Alexon (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Kelas X TJKT di SMK Negeri 1 Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS SIAP WISUDA AZIZA FULL KOMPRES - Kurnia Aziza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan aplikasi E-Modul
berbasis android untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar pada
mata pelajaran dasar-dasar jaringan komputer dan telekomunikasi. Penelitian
ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (Penelitian
Pengembangan). Dalam penelitian ini, model pengembangan yang akan
digunakan yaitu ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yang saling
berkaitan, yakni, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Sedangkan objek pada
penelitian ini adalah aplikasi E-Modul sebagai media pembelajaran dasar-
dasar jaringan komputer dan telekomunikasi. Pada penelitian ini dilakukan uji
coba di SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Uji coba skala terbatas dengan jumlah
20 siswa kelas X TJKT dan skala luas dengan jumlah 50 siswa kelas X TJKT.
Berdasarkan analisis yang dilakukan pada penelitian ini maka diambil
kesimpulan: Aplikasi E-Modul Berbasis Android yang dikembangkan dapat
meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar, memperoleh kriteria sangat
layak berdasarkan validasi ahli aplikasi dan ahli materi serta respon siswa,
serta efektivitas Aplikasi E-Modul yang dikembangkan dapat meningkatkan
kemandirian dan prestasi belajar pada pelajaran dasar-dasar jaringan
komputer dan telekomunikasi siswa kelas X. Peningkatan kemandirian dan
prestasi belajar sangat signifikan berdasarkan hasil uji-t taraf signifikasi 0,00
lebih kecil dari 5%. Jadi, terjadi peningkatan yang signifikan terhadap
kemandirian dan prestasi belajar siswa setelah menggunakan aplikasi E-Modul
berbasis android.
Kata kunci: Aplikasi E-Modul, Android, Dasar-dasar Jaringan Komputer dan
Telekomunikasi, Kemandirian, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:14
Last Modified: 07 Oct 2025 04:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200