SUMARYANI, SUMARYANI and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN TOLERANSI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII SMPN 1 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS SUMARYANI LENGKAP - Sumaryani Gumay.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan toleransi dan prestasi
belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas VII SMPN 1 Muara Enim tahun ajaran 2024-2025. Melalui teknik
cluster random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas
VII.2 dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol, intstrumen penelitian ini
menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik yaitu rata-rata(mean), presentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi
dapat meningkatkan toleransi dan prestasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VII SMPN 1 Muara Enim.
Kata kunci : Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi, Toleransi dan
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27833 |