SUZANA, SUZANA and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS SUZANA CETAK - EKA NASTRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar,
prestasi belajar siswa dan efektivitas penerapan model pembelajaran
Direct Interaction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
Pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 1 Lahat. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lahat. Jumlah
siswa untuk kelas PTK berjumlah 34 siswa, untuk kelas eksperimen
berjumlah 36 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi
model pembelajaran Direct Interaction, lembar observasi motivasi dan test
hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis skor rata-rata dan
uji test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang
tidak berhubungan. Dari hasil penelitian menunjukkan : (1) Metode
Pembelajaran Direct Interaction dapat Meningkatkan Motivasi Siswa pada
Mata Pelajaran PAI X SMA Negeri 1 Lahat. (2) Metode Pembelajaran
Direct Interaction dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran PAI X SMA Negeri 1 Lahat. (3) Metode Pembelajaran Direct
Interaction pada Mata Pelajaran PAI Efektif dapat Meningkatkan Prestasi
Belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Lahat.
Kata Kunci : Penerapan Model Direct Interaction, motivasi dan
prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27834 |