Parizal, Yoes and Johanes, Sapri and Nina, Kurniah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VI di SD Negeri 23 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
tesis YOES PARIZAL_A2M023053 - yoes parizal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran Free inquiry untuk meningkatkan berpikir
kritis dan prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPAS di kelas VI SD
Negeri 23 Lahat. Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah metode
pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya motivasi siswa
dalam belajar.Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas VI SD Negeri
23 Lahat semester genap tahun pelajaran 2024/2025.Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi
eksperimen.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-
rata (mean), persentase, dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran Free Inquiry dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPAS kelas VI SD Negeri 23 Lahat.
Kata kunci : Penerapan Model Free Inquiry, Berpikir Kritis, Prestasi
Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27838 |