Yuheldawati, Yuheldawati and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VIII SMPIT Rabbani Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS YUHELDAWATI LENGKAP - Yuheldawati Yuheldawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas Peserta Didik,
(2) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berdiferensiasi
dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dan (3)
Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dapat
meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Inggris Peserta
Didik pada kelas VIII di SMPIT Rabbani Muara Enim. Dalam penelitian ini
digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan
dengan penelitian Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah Peserta
Didik kelas VIII di SMPIT Rabbani Muara Enim, dan sampel adalah kelas
VIII.A dan VIII.B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah lembar observasi dan metode tes Peserta Didik. Analisis
data yang digunakan nilai adalah (1) Analisis guru melaksanakan model
pembelajaran berdiferensiasi dan aktivitas belajar peserta didik, (2)
Analisis Pretest dan Posttest, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar Peserta
Didik dan Aktivitas Peserta Didik dalam penelitian yang digunakan adalah
model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan
pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas Peserta Didik
pada mata pelajaran Bahasa Inggris. (2) Penerapan model pembelajaran
berdiferensiasi dapat meningkatkan prestasi belajar Peserta Didik pada
mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPIT Rabbani Muara Enim Tahun
Ajaran 2024/2025 dan (3) Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi
efektif dalam meningkatkan prestasi belajar Peserta Didik dibandingkan
dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Berdiferensiasi, Aktifitas Belajar,
Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27839 |