Burhanudin, Raden Maulana Irdam and Nina, Kurniah and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor Kelas XI TSM SMK Negeri 7 Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_A2M023096_RADEN MAULANA IRDAM_FINAL - Raden Maulana Irdam Burhanudin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Problem
Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan
prestasi belajar peserta didik kelas XI TSM di SMK Negeri 7 Rejang Lebong.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas XI TSM 1 dengan jumlah populasi 75 orang, dan sampel kelas XI TSM
2 terdiri atas 25 peserta didik pada kelas eksperimen, serta 25 peserta didik
kelas XI TSM 3 pada kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi dan
tes prestasi belajar, lalu dianalisis menggunakan persenase, nilai rata-rata
dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara
signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, nilai rata-rata post-test,
dan ketuntasan belajar. Dengan demikian, PBL terbukti efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar, serta
mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan dunia kerja.
Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan berpikir kritis, prestasi
belajar, Teknik Sepeda Motor
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:14 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:14 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27840 |