Nopsurah, Anita Lima and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V di SD Negeri 3 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_ANITA LIMA NOPSURAH_A2M023056_TP_compressed - Anita Lima Nopsurah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitianan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD)
untuk meningkatkan percaya diri dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 3 Muara Enim. Dalam penelitian ini
digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan
kuasi Eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V semester
genap tahun Pelajaran 2024/2025 di SD Negeri 3 Muara Enim. Untuk
sampel kuasi eksperimen adalah kelas VB dan Kelas VC. Jumlah siswa
untuk kelas PTK berjumlah 30 siswa, untuk kelas Eksperimen berjumlah 30,
dan untuk kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi pelaksanaan
pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD),
lembar observasi percaya diri dan test prestasi belajar. Analisis data
menggunakan pretest dan postest, dan analisis uji-t yang terdiri dari uji beda
antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe student
teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan percaya diri, dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri 3
Muara Enim dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
secara efektif dapat meningkatkan perstasi belajar siswa dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : model pembelajaran, STAD, percaya diri, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27841 |