HARYANTO, DODI and Bambang, Sahono and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_DODI HARYANTO_A2M023030_compressed - Abi Ammar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan
prestasi belajar (studi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas
XI IPS di SMA Negeri 3 Lahat). Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lahat semester genap tahun pelajaran
2024/2025. Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Lahat menggunakan
lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik
deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah
dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Lahat
dan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih
efektif untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 3 Lahat.
Kata kunci : Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah,
Tanggung Jawab, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27842 |