Apriani, Fadhilah and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matemetika Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus IV Kikim Selatan). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_FADILAH APRIANI_A2M023034_OK - Neldha Suryanie.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui 1)
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
Percaya Diri siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika
Pada Siswa dan 3) Efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran
Matematika Kelas VI SD Negeri Gugus IV Kikim Selatan. Permasalahan
yang ada pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan
kurang bervariasi, rendahnya rasa Percaya Diri siswa dalam mengikuti
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 25 orang pada
penelitian PTK, 20 orang pada penelitian kelas eksperimen, dan 20 orang
pada penelitian kelas control.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan observasi dan tes. Hasil pada penelitian ini menunjukkan
bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan Percaya Diri siswa pada mata pelajaran Matematika.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri
Gugus IV Kikim Selatan.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Percaya Diri,
Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:15 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27843 |