LENDERA, LENDERA and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran PJOK Siswa kelas VI SD Negeri 10 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_LENDERA - Abi Ammar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan percaya diri dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas VI SD Negeri 10 Lahat. Model
NHT merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang
menekankan kerja sama dalam kelompok kecil dengan pemberian nomor
pada setiap anggota untuk meningkatkan keterlibatan dan tanggung jawab
individu dalam kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, angket percaya diri, dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT secara signifikan
meningkatkan rasa percaya diri siswa, yang terlihat dari partisipasi aktif,
keberanian dalam menyampaikan pendapat, dan interaksi sosial yang lebih
baik. Selain itu, prestasi belajar siswa juga meningkat, yang ditandai
dengan kenaikan nilai rata-rata hasil evaluasi pada setiap siklus. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) efektif diterapkan dalam pembelajaran PJOK untuk
meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Numbered Head
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:39 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27865 |