PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Kikim Timur)

Tika, Rika Puspa and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Kikim Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS_RIKA PUSPA TIKA - rika Puspa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perbedaan
prestasi belajar matematika antara siswa yang belajar dengan strategi
pembelajaran Scientific Inquiry dan siswa yang belajar dengan strategi
Ekspositori di kelas IX SMP Negeri 1 Kikim Timur; (2) mendeskripsikan
perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki
kemandirian belajar tinggi dan rendah; (3) mendeskripsikan interaksi
antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi
belajar matematika; (4) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar
matematika siswa yang diajar dengan strategi Scientific Inquiry pada
tingkat kemandirian tinggi dan rendah; dan (5) mendeskripsikan
perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan strategi Ekspositori
pada tingkat kemandirian tinggi dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 1 Kikim Timur dengan menggunakan metode kuasi
eksperimen dan desain faktorial 2×2. Sampel penelitian terdiri atas 44
siswa kelas IX yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang
menggunakan strategi Scientific Inquiry dan kelompok yang menggunakan
strategi Ekspositori. Instrumen yang digunakan meliputi tes prestasi
belajar matematika dan angket kemandirian belajar. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan teknik analisis varians (ANOVA) dua
jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi Scientific Inquiry
lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika
dibandingkan dengan strategi Ekspositori; (2) siswa dengan kemandirian
belajar tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa
dengan kemandirian rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi
pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar terhadap prestasi belajar
matematika; (4) siswa dengan kemandirian tinggi menunjukkan prestasi
lebih baik saat diajar dengan strategi Scientific Inquiry; dan (5) siswa
dengan kemandirian rendah menunjukkan prestasi lebih baik saat diajar
dengan strategi Ekspositori. Temuan ini menegaskan pentingnya
pemilihan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat
kemandirian siswa untuk meningkatkan hasil belajar secara optimal.
Kata Kunci : strategi pembelajaran, Scientific Inquiry, ekspositori,
kemandirian belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:39
Last Modified: 07 Oct 2025 04:39
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27868

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200