Marliana, Siti and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_SITI MARLINA_A2M023076_TP_compressed - Anita Lima Nopsurah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan
Kolaborasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas X
TKJ SMK Negeri 1 Muara Enim. Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah
siswa kelas X TKJ 3 SMK Negeri 1 Muara Enim semester ganjil tahun
pelajaran 2024/2025. Melalui teknik sampel random sampling diperoleh
sampel kuasi eksperimen adalah kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Muara
Enim dan kelas kontrol kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Muara Enim.
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data
penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean),
persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan
model pembelajaran Model Project Based Learning (PJBL) dapat
meningkatkan Kolaborasi dan prestasi belajar siswa kelas X TKJ SMK
Negeri 1 Muara Enim dan penerapan model Project Based Learning
(PJBL) efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Kolaborasi Belajar
Siswa, Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:39 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27870 |