Yenni, Yuli Arma and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GEOGEBRA DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
YULIARMAYENNI_PERPUSTAKAANUNIB - yuli arma yenni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis
aplikasi Geogebra dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika kelas X di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen dengan desain 2x2 faktorial yang menggunakan uji two-way
anova menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap
tahun pelajaran 2024/2025, dimana waktu pelaksanaan disesuaikan dengan alokasi
waktu pada penyampaian materi “Persamaan Kuadrat”. Populasi dari penelitian ini
adalah semua siswa kelas X yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 396 siswa. Sampel
pada penelitian ini adalah siswa kelas X 4 sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa
dan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa 1)terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti
pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra dengan pembelajaran ekspositori atau
dengan kata lain prestasi belajar siswa dipengaruhi dengan model pembelajaran yang
diperlakukan kepada siswa, 2)terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang
memiliki kreativitas tinggi dengan kreativitas rendah, atau dengan kata lain prestasi
belajar siswa dipengaruhi oleh kreativitas belajar siswa, 3)terdapat interaksi antara
pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra dan kreativitas terhadap pretasi belajar,
4)terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang mengikuti
pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra dengan ekspositori dan memiliki kreativitas
tinggi, dan 5)tidak terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra dengan ekspositori dan memiliki
kreativitas rendah.
Kata Kunci : Pembelajaran berbasis aplikasi Geogebra, kreativitas, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:39 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27872 |