Arifin, Zainal and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika di SMPN 2 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zainal Arifin_A2M023082 - Zainal Arifin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
dan prestasi belajar) pada mata pelajaran Matematika kelas VIII SMP
Negeri 2 Muara Enim. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas VIII1 SMA Negeri 2 Muara Enim semester genap tahun
pelajaran 2024/2025. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh
sampel kuasi eksperimen adalah kelas VIII1 SMP Negeri 2 Muara Enim
dan kelas kontrol VIII2 di SMP Negeri 2 Muara Enim. Instrumen penelitian
ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis
dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil
penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar) peserta
didik kelas VIII SMA Negeri 2 Muara Enim
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, kemampuan Berpikir kreatif,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:39 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27873 |