PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGANTAR DASAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA

Putri, Dini Palupi and Agus, Susanta and Johanes, Sapri (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGANTAR DASAR MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS Dini Palupi Putri - dini palupi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah matematika mahasiswa berperan
penting dalam keberhasilan tujuan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian
ini untuk membuat bahan ajar pengantar dasar matematika berbasis PBL
berbantuan Goegebra, menguji kelayakan bahan ajar pengantar dasar matematika
berbasis PBL berbantuan Goegebra, menguji keefektifan bahan ajar pengantar
dasar matematika berbasis PBL berbantuan Goegebra untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Penelitian
pengembangan ini dengan desain Four D, yaitu define (pendefenisian)), design
(desain), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang
digunakan adalah lembar angket kebutuhan mahasiswa, lembar penilaian
kelayakan bahan ajar dan lembar angket respon mahasiwa dan dosen, serta soal
pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika. Subjek uji coba
terbatas adalah kelas A yang berjumlah 12 mahasiswa dan subjek uji lapangan
adalah kelas B yang berjumlah 12 mahasiswa. Hasil penelitian ini memperoleh
desain awal bahan ajar pengantar dasar matematika berbasis PBL berbantuan
Geogebra didasarkan dari hasil analisis awal dan kebutuhan. Hasil penelitian
menyebutkan bahwa bahan ajar layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika mahasiswa. Keefektifan bahan ajar diperoleh dari
uji beda rata-rata nilai pretest dan postest menggunakan uji paired sample t-test
dan Uji N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil uji paired sample t-
test pada SPSS adalah nilai signifikansi 0 artinya terdapat perbedaan nilai pretest
dan postest. Rata-rata peningkatan peningkatan hasil belajar adalah 0,53 dalam
kategori sedang. Hasil penelitian menyebutkan bahwa bahan ajar yang
dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika mahasiswa. Penelitian ini berkontribusi terhadap dosen agar selalu
berinovasi dan mahasiswa menggali potensi diri, dalam proses perkuliahan untuk
meningkatkan pemecahan masalah matematika mahasiswa.
Kata Kunci: Bahan Ajar, PBL, Goegebra, Pemecahan Masalah matematika

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Doctor of Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:54
Last Modified: 07 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27887

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200