PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ZOOLOGI INVERTEBRATA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Kasmiruddin, Kasmiruddin and Endang, Widi Winarni and Abdul, Rahman (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ZOOLOGI INVERTEBRATA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS Kasmiruddin - kasmiruddin kasmiruddin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Zoologi Invertebrata
berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation), berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa,
analisis konteks, tugas, dan tujuan pembelajaran. Hasil validasi ahli materi dan
praktisi menunjukkan rata-rata skor 98% yang termasuk kategori sangat valid. Uji
kepraktisan melalui respons mahasiswa secara bertahap menunjukkan skor 83,47%
(skala kecil), 85,66% (skala menengah), dan 94,30% (uji lapangan), dengan rata-
rata akhir sebesar 90,55% (praktis). Uji efektivitas menggunakan Mann-Whitney U
menunjukkan peningkatan signifikan (p < 0,05) pada kemampuan berpikir kritis
mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar. Rata-rata nilai kemampuan berpikir
kritis mencapai 84,44% (kategori sangat baik), dan skor N-Gain sebesar 0,75
(kategori tinggi). Temuan penting dalam penelitian ini adalah bahwa bahan ajar
berbasis STEM tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui integrasi aktivitas
lapangan, penggunaan teknologi, serta penilaian berbasis indikator Ennis. Bahan
ajar ini dapat diadaptasi untuk mata kuliah lain yang membutuhkan pendekatan
kontekstual, kolaboratif, dan integratif..
Keyword: pengembangan bahan ajar, zoologi invertebrata, STEM, berpikir kritis,

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Doctor of Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:54
Last Modified: 07 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27888

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200