YUMIARTY, YUYUN and Sudarwan, Danim and Alexon, Alexon (2025) i PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASE LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN BERPIKIR KOMPUTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMROGRAMAN DATABASE MAHASISWA (Studi Matakuliah Aplikasi Komputer Manajemen di IAIN Curup). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![DISERTASI [thumbnail of DISERTASI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS YUYUN YUMIARTY - Yuyun Yumiarty.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Pemrograman komputer diakui sebagai kompetensi penting pada saat ini. Melalui
pembelajaran pemrograman akan membuat mahasiswa menjadi lebih cerdas dan
lebih cepat memahami teknologi yang ada di sekitar mereka. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis project base learning (PjBL)
dengan pendekatan berpikir komputasi yang valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemrograman database mahasiswa. Penelitian ini
menggunkan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE
yang meliputi tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek
penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
(MPI) IAIN Curup. Teknik pengumpulan data mencakup angket, tes, dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain bahan ajar yang
dikembangkan mengintegrasikan model PjBL dan pendekatan berpikir komputasi
dengan tahapan kerja dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola dan perancangan
algoritma; (2) Bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan sangat layak untuk
digunakan, melalui uji validitas oleh ahli materi, media, dan bahasa; Uji one-to-
one evaluation; dan Uji kepraktisan melalui ujicoba terbatas (Small Group)
menunjukkan bahan ajar sangat praktis berdasarkan angket kepraktisan bahan ajar
(3) Uji efektivitas bahan ajar melalui ujicoba skala besar (Field test) menunjukkan
bahwa pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis project base learning
(PjBL) dengan pendekatan berpikir komputasi memiliki keefektifan yang lebih
baik dibandingkan bahan ajar konvensional. Hasil penelitian ini juga
menghadirkan keterbaharuan (novelty) dalam pengembangan bahan ajar
pemrograman khususnya database dengan mengintegrasikan model PjBL dan
pendekatan berpikir komputasi, yang tidak hanya menilai hasil akhir proyek,
tetapi juga mengkaji proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah
melalui kerangka berpikir komputasi.
Kata Kunci: Project base learning (PjBL), Berpikir Komputasi, Pemrograman
Database, Research and Development (R&D), ADDIE.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Doctor of Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27890 |