PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DASAR BERBASIS ETNO-STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA

Isran, Dodi and Agus, Susanta and Nurul, Astuty Yensy (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DASAR BERBASIS ETNO-STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
Disertasi dodi isran Final - Dodi Isran.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan dan mengevaluasi bahan ajar Matematika
Dasar berbasis Etno-STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis
mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase:
(1) preliminary research untuk menganalisis kebutuhan, konteks, dan kerangka
konseptual; (2) prototyping yang mencakup validasi ahli, uji kepraktisan, dan revisi
produk; serta (3) assessment melalui uji efektivitas dengan desain kuasi eksperimen
non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri atas lima dosen dan 15
mahasiswa untuk tahap validasi dan kepraktisan, serta dua kelas yaitu 20
mahasiswa pada kelas eksperimen dan 19 mahasiswa pada kelas kontrol untuk uji
efektivitas. Hasil studi awal menunjukkan dukungan kuat terhadap integrasi budaya
lokal Bengkulu, seperti motif Besurek, rumah Bubungan Lima, dan ukiran Rejang
dalam pembelajaran geometri dan pengukuran. Validasi ahli menghasilkan nilai
Aiken’s V ≥ 0,85 dan reliabilitas ICC (sig. < 0,05) dengan kategori sangat tinggi.
Uji kepraktisan menunjukkan skor ≥ 82% (kategori sangat praktis). Analisis
normalized gain menunjukkan peningkatan rata-rata literasi matematis sebesar 0,81
pada kelas eksperimen (sangat efektif) dibandingkan 0,48 pada kelas kontrol. Uji t
menunjukkan perbedaan signifikan (t(37) = 34,015; p < 0,05; N-gain = 33,17%).
Rata-rata skor literasi matematis kelas eksperimen sebesar 89,4% (kategori tinggi)
dan kelas kontrol 73,8% (kategori sedang). Dengan demikian, bahan ajar berbasis
Etno-STEM terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi
matematis mahasiswa.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Etno-STEM, Literasi Matematis, Model Plomp

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Doctor of Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 04:54
Last Modified: 07 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27891

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200