Agustina, Dewa and Arono, Arono and Catur, Wulandari (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMIRSA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MODEL PEDAGOGI GENRE BERBASIS BUDAYA UNTUK SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dewa agustina_A2A023011 - Dewa Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan,
desain bahan ajar, pengembangan bahan ajar, uji kepraktisan, dan evaluasi
dalam mengembangkan bahan ajar memirsa teks laporan hasil observasi model
pedagogi genre berbasis budaya untuk siswa Kelas X SMA. Sampel yang
digunakan adalah peserta didik kelas X. 2 SMA N 1 Kota Bengkulu dengan
jumlah 32 peserta didik. Adapaun hasil penelitian Tahap analisis kebutuhan yang
dilakukan terhadap analisis kurikulum, ketersediaan sumber belajar, dan
pemilihan bentuk bahan ajar maka dapat disimpulkan bahwa pengguna
membutuhkan bahan ajar memirsa teks laporan hasil observasi model pedagogi
genre berbasis budaya hal ini dikarenakan ketersediaan bahan ajar yang ada
saat ini masih bersifat umum dan tidak memfokuskan pada aspek budaya lokal.
Dari tahap perancangan yang dilakukan, disimpulkan bahwa bahan ajar yang
dikembangkan disesuaiakn dengan tujuan pembelajaran dan menggunakan
aplikasi berbantuan seperti desain Canva untuk desain bahan ajar cetak dan
aplikasi CapCut untuk video dokumenter pada video memirsa dengan QR Code.
Tahap pengembangan yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa bahan ajar
memirsa teks laporan ahsil observasi model pedagogi genre berbasis budaya
layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan aspek kebahasaan, materi,
dan media/desain dengan rata-rata skor berada pada kategori “Valid”. Tahap
implementasi yang dilakukan, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil
belajar peserta didik dengan menggunakan bahan ajar memirsa teks laporan
hasil observasi model pedagogi genre berbasis budaya, serta berdasarkan hasil
respon pengguna disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan praktis digunakan
di dalam pembelajaran. Tahap evaluasi yang dilakukan dapat disimpulkan efektif
digunkan dalam pembelajaran terutama pembelajaran memirsa.
Kata Kunci : Pengembangan, Bahan ajar, Memirsa, Pedagogi Genre, dan
Budaya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:46 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27910 |