Anggraeni, Lukita and Irma, Diani and Suryadi, Suryadi (2025) EKOLOGI SASTRA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL TENTANG KITA KARYA WIWIK WALUYO. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lukita Anggraeni - Tesis - Luckyta Bkl.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada analisis nilai ekologi sastra dalam novel
Tentang Kita karya Wiwik Waluyo. Masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana nilai ekologi dalam novel Tentang Kita karya Wiwik Waluyo dan
bagaimana nilai pendidikan karakter secara ekologi dalam novel Tentang
Kita karya Wiwik Waluyo. Metode yang digunakan dalam mengkaji ekologi
dalam novel Tentang Kita karya Wiwik Waluyo dan pendidikan karakter
adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dan
pembahasan yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa novel Tentang Kita
karya Wiwik Waluyo memuat nilai-nilai ekologi yang terjalin secara
harmonis dalam alur cerita dan karakter tokohnya. Nilai-nilai tersebut
meliputi rasa hormat terhadap alam, tanggung jawab ekologis, solidaritas,
kasih sayang terhadap makhluk hidup, keseimbangan alam, hidup
sederhana, dan prinsip keadilan ekologis. Alur cerita dibangun dengan
menggambarkan konflik-konflik lingkungan yang mendorong pembaca
untuk merenung dan menyadari pentingnya menjaga alam. Setiap tindakan
tokoh dalam merespons kerusakan alam menjadi refleksi dari sikap
ekologis yang dapat diteladani. Selain itu, pesan moral yang terkandung
dalam novel ini disampaikan secara halus namun efektif melalui simbolisasi,
latar, dan interaksi antartokoh. Nilai-nilai tersebut tidak hanya berfungsi
sebagai unsur estetis, tetapi juga sebagai bentuk pendidikan karakter yang
menyatu dengan kesadaran ekologis. Kesimpulan Novel Tentang Kita
karya Wiwik Waluyo berhasil mengintegrasikan nilai-nilai ekologi secara
mendalam melalui alur cerita dan karakter tokohnya. Nilai-nilai seperti
tanggung jawab, solidaritas, kasih sayang terhadap alam, dan keadilan
ekologis tergambar jelas dalam tindakan para tokohnya. Kisah ini tidak
hanya menyuguhkan narasi fiktif yang menyentuh, tetapi juga menjadi
ruang reflektif tentang pentingnya kesadaran ekologis. Nilai pendidikan
karakter seperti kejujuran, kerja keras, kreativitas, dan kemandirian
disampaikan melalui pengalaman nyata tokoh dalam merespons isu
lingkungan. Komunikasi yang bersahabat, cinta damai, serta kepedulian
terhadap lingkungan dan sosial muncul sebagai bagian integral dari
perjuangan pelestarian alam. Semua nilai ini tidak disampaikan secara
terpisah, tetapi terjalin erat dalam dinamika cerita. Dengan demikian, novel
ini menjadi media efektif dalam pendidikan karakter sekaligus membangun
kesadaran ekologis pembaca.
Kata Kunci : ekologi, nilai ekologi, nilai pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:46 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27912 |