ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA FASE D

Nurlaili, Hestri Dani and Suryadi, Suryadi and Agus, Trianto (2025) ANALISIS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM MERDEKA FASE D. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Tesis HESTRI DANI NURLAILI Perpus Unib - hestri dani nurlaili.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan mata rantai implementasi kurikulum di sekolah.
Setiap sekolah harus menyediakan buku teks berkualitas yang memenuhi
standar kelayakan dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku sebagai panduan
belajar bagi peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pemenuhan syarat isi buku teks dan kesesuaian isi buku teks
Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Fase D dengan Capaian Pembelajaran
(CP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian
analisis isi (Content Analysis). Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia Fase D yang berjudul “Mahir Berbahasa Indonesia
Kurikulum Merdeka untuk SMP/MTs Kelas VII” Penerbit Erlangga Tahun 2022,
“Mahir Berbahasa Indonesia Kurikulum Merdeka untuk SMP/MTs Kelas VIII”
Penerbit Erlangga Tahun 2022, dan “Mahir Berbahasa Indonesia Kurikulum
Merdeka untuk SMP/MTs Kelas IX” Penerbit Erlangga Tahun 2024. Hasil analisis
terhadap pemenuhan syarat isi buku teks adalah diketahui seluruh isi buku teks
fase D tersebut telah memenuhi syarat berdasarkan Permendikbudristek Nomor
22 Tahun 2022. Hasil analisis terhadap kesesuaian buku teks Bahasa Indonesia
Fase D dengan Capaian Pembelajaran (CP) adalah pada elemen menyimak
terdapat 5,8% materi sesuai CP, 94,2% tidak sesuai CP. Elemen membaca dan
memirsa terdapat 7,2% materi sesuai CP, 92,8% tidak sesuai CP. Elemen
berbicara dan mempresentasikan terdapat 2,6% materi sesuai CP, 97,4% tidak
sesuai CP. Pada elemen keterampilan menulis terdapat 7,4% materi sesuai CP,
dan 92,6% materi tidak sesuai CP. Dapat disimpulkan bahwa buku teks Bahasa
Indonesia Fase D belum seluruhnya sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP)
Tahun 2024.
Kata Kunci: Buku Teks, Capaian Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Fase D

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 07:46
Last Modified: 07 Oct 2025 07:46
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27913

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200