PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SELF REGULATION LEARNING SISWA KELAS VII MTS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

Budiman, Rahmania and Agus, Susanta and Hari, Sumardi (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SELF REGULATION LEARNING SISWA KELAS VII MTS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
RAHMANIA BUDIMAN_A2C021009 - Rahmania Budiman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Brain Based
Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Self Regulation
Learning Siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Pengumpulan data
dilakukan melalui tes. Analisis data menggunakan uji Anakova. Sampel penelitian
adalah peserta didik di MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu kelas VII A dan VII B. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh linier kovariat kemampuan awal
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan pengaruh
sebesar 48,1%, (2) ada pengaruh linier kovariat kemampuan awal terhadap self
regulation learning peserta didik dengan besar pengaruh sebesar 7,9%, (3) ada
pengaruh pembelajaran Brain Based Learning terhadap pemahaman konsep matematika
peserta didik dengan pengaruh sebesar 74,6%, (4) ada pengaruh pembelajaran Brain
Based Learning terhadap self regulation learning peserta didik dengan pengaruh sebesar
21,2%, (5) ada pencapaian pemahman konsep matematika peserta didik melalui
pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada yang diajar melalui
pembelajaran konvensional, dan (6) ada pencapaian self regulation learning peserta
didik melalui pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada yang diajar
melalui pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pembelajaran Brain Based Learning, Kemampuan Pemahman Konsep
Matematika, self regulation learning

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:06
Last Modified: 07 Oct 2025 08:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27945

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200