Andhara, Terra Dinda and Della, Maulidiya and Edi, Susanto (2025) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR STATISTIKA MELALUI LATIHAN SOAL DENGAN DAN TANPA GEMINI AI KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Terra Dinda Andhara - 007 Terra Dinda Andhara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota
Bengkulu dalam memahami konsep statistika dan rendahnya partisipasi belajar,
serta kurangnya umpan balik cepat dalam latihan soal yang menghambat
peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
hasil belajar statistika antara siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang
menggunakan latihan soal dengan dan tanpa bantuan Gemini AI, serta untuk
mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Gemini AI dalam pembelajaran
statistika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu ( quasi-
experimental Research ). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas
eksperimen (menggunakan Gemini AI) dan kelas kontrol (tanpa Gemini AI), yang
dipilih melalui teknik purposive sampling . Data hasil belajar dikumpulkan
menggunakan instrumen tes (posttest), sedangkan data respon siswa dikumpulkan
melalui angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan
yang signifikan secara statistik pada hasil belajar statistika antara kelompok siswa
yang menggunakan Gemini AI dan kelompok yang (nilai signifikansi 0,204 > 0,05).
Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan Gemini AI dalam latihan soal tidak
memberikan dampak yang berbeda secara signifikan terhadap peningkatan hasil
belajar dibandingkan dengan metode tanpa Gemini AI. Namun, data respon siswa
menunjukkan bahwa penggunaan Gemini AI mendapatkan respon yang sangat
positif dari siswa. Sebagian besar siswa merasa Gemini AI mudah digunakan,
membantu dalam memahami materi, meningkatkan semangat dan motivasi belajar,
serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan tidak membosankan.
Siswa juga menunjukkan kemampuan beradaptasi dalam memanfaatkan berbagai
fitur Gemini AI untuk memecahkan soal dan memperjelas konsep. Meskipun
demikian, meskipun secara kuantitatif tidak ada perbedaan yang signifikan pada
hasil belajar, Gemini AI memiliki potensi sebagai alat bantu belajar yang positif
dan diterima dengan baik oleh siswa, yang dapat meningkatkan efisiensi dan
motivasi belajar mereka.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Statistika, Gemini AI, Latihan Soal, Respon Siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 08:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27947 |