KAUNO, WINA TRISVA and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS VII. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WINA TRISVA KAUNO_A2C023011 - fifie novrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik E-Modul dan untuk
menghasilkan E-Modul berbasis model Problem Based Learning pada materi
bentuk aljabar untuk Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di Kelas VII
yang valid, praktis, dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model ADDIE dengan tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (Design),
pengembangan (Development), implementasi (Implementations), dan evaluasi
(Evaluations). Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas, kepraktisan,
dan efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) Analisis validasi E-
Modul menggunakan teknik analisis angket validasi dengan Aiken V, (2) Analisis
kepraktisan E-Modul menggunakan teknik kecenderungan berdasarkan hasil dari
lembar kepraktisan peserta didik, (3) Analisis efektifitas E-Modul ditinjau dari
hasil belajar peserta didik pada nilai pretes, postes, rata-rata dan N-Gain. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis model Problem Based Learning
materi bentuk aljabar termasuk dalam kategori: (1) sangat valid berdasarkan hasil
angket validitas yaitu sebesar 0,916667 (2) sangat praktis berdasarkan hasil
angket kepraktisan sebesar 90,9 (3) sangat efektif berdasarkan hasil belajar
pemecahan masalah peserta didik dengan skor posttest rata-rata keefektifan E-
Modul sebesar 76,36 dengan N-Gain sebesar 0,57 pada kategori sedang. Temuan
ini menunjukkan bahwa E- Modul berbasis model Problem Based Learning pada
materi bentuk aljabar memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas,
sehingga dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar matematika
dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Kata kunci: E-modul, Model Poblem Based Learning, kemampuan pemecahan
masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Mathematics Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 08:06 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27950 |