PENGEMBANGAN E-MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERINTEGRASI MITIGASI LONGSOR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA

Maulana, Yudi and Afrizal, Mayub and Henny, Johan (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL USAHA DAN ENERGI BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) TERINTEGRASI MITIGASI LONGSOR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
freecompress-TESIS S2 IPA YUDI MAULANA ke 2MB_compressed - nanik rahma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter manusia menjadi
lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran
fisika berbasis Augmented Reality (AR) yang terintegrasi dengan mitigasi bencana
longsor pada materi usaha dan energi guna meningkatkan penguasaan konsep dan
kesiapsiagaan bencana peserta didik. Penelitian ini juga mengidentifikasi
karakteristik frekuensi predominan (f₀), faktor amplifikasi (A0), dan indeks
kerentanan seismik (Kg) di MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah menggunakan
metode mikrotremor, serta menilai kelayakan dan keefektifan e-modul dalam
pembelajaran fisika yang kontekstual dan adaptif terhadap isu kebencanaan.
Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design,
Development, Disseminate) melalui tahapan analisis kebutuhan, desain produk,
validasi ahli, dan uji coba terbatas serta skala luas. Hasil validasi menunjukkan
bahwa e-modul sangat layak digunakan dengan skor validasi ahli materi 99% dan
ahli media 97%. Uji coba dilakukan pada kelas eksperimen (n = 30) yang
menggunakan e-modul dan kelas kontrol (n = 15) yang menggunakan buku cetak.
Hasil analisis menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,47
(kategori sedang), dengan 70% siswa berada pada kategori tinggi dan sedang.
Sebaliknya, kelas kontrol hanya mencapai N-Gain 0,18 (kategori rendah). Uji t
menunjukkan peningkatan signifikan di kelas eksperimen (p = 0,001) dan
perbedaan signifikan antar kelas (p = 0,000). Uji Chi-Square menunjukkan
perbedaan signifikan pada aspek kognisi (p = 0,000) dan konasi (p = 0,003), tetapi
tidak pada afeksi. Dengan demikian, e-modul fisika berbasis AR terbukti efektif
meningkatkan penguasaan konsep dan kesiapsiagaan bencana peserta didik.
Kata kunci: e-modul, Augmented Reality, penguasaan konsep, kesiapsiagaan
bencana, usaha dan energi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Science Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Oct 2025 01:09
Last Modified: 08 Oct 2025 01:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27984

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200