NOFITA, INKA and Afrizal, Mayub and Henny, Johan (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI KONTEKS PIROLISIS KULIT BUAH KOPI (Coffea canephora) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KALOR SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
inka nofita_A2L021011_Tesis _perpus unib. - inka nofita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Pembelajaran IPA terintegrasi
konteks pirolisis kulit buah kopi untuk meningkatkan penguasaan konsep kalor siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model ADDIE yaitu
analysis, design, development, Implementation, dan evaluation. Sample pada penelitian ini
melibatkan siswa-siswi kelas Kelas VII MTs Negeri 2 Kepahiang. Pada tahap analisis
dilakukan analisis kebutuhan, analisis kompetensi dasar, dan analisis karakteristik bio-oil
hasil pirolisis. Tahap desain dilakukan desain modul dan desain instrumen penguasaan
konsep kalor siswa. Tahap pengembangan dilakukan pengembangan modul dan validasi
ahli. Tahap implementasi dilakukan uji coba skala terbatas. Tahap evaluasi dilakukan
evaluasi setiap tahap. Hasil Penelitian ini yaitu 1) pirolisis kulit buah kopi menunjukkan
bahwa bio-oil yang dihasilkan memiliki kadar air tinggi (85,60%–89,50%), densitas
(1,0128–1,0144 g/cm³), dan viskositas rendah (0,7247–0,8002 mPa·s), yang
mengindikasikan potensi bio-oil sebagai bahan bakar alternatif meskipun masih
memerlukan pemurnian lebih lanjut. 2) Modul pembelajaran yang dikembangkan
dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh rata-rata sebesar 82%
mencakup aspek materi, kebahasaan, dan kegrafisan. 3) Implementasi modul menunjukkan
peningkatan signifikan penguasaan konsep siswa, dibuktikan melalui hasil uji paired
sample t-test (p<0,05) dan perolehan nilai n-gain yang mayoritas berada pada kategori
sedang dan tinggi. Selain itu, respon siswa terhadap modul sangat positif dengan skor
pemahaman 83%, ketertarikan 85%, serta efektivitas dan efisiensi 83%. Penelitian ini
merekomendasikan pengembangan lanjutan melalui uji coba skala lebih luas serta
pengayaan aktivitas pembelajaran berbasis e-modul interaktif, serta analisis lanjutan
karakteristik bio-oil dari aspek kimiawi dan performa pembakarannya.
Kata kunci: Bio-oil, Konsep Kalor, Modul, Penguasaan Konsep, Pirolisis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27985 |