Sari, Ayu Shinka Permata and Bhakti, Karyadi and Euis, Nursaadah (2025) PENGEMBANGAN MANUAL BOOK PENGOLAHAN TEPUNG BERBAHAN GURITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_ AYU SHINKA P S FULL_compressed_compressed - Ayu Shinka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Potensi gurita O.vulgaris sangat melimpah di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.
Berdasarkan data Dinas Perikanan Kabupaten Kaur, hasil tangkapan gurita
O.vulgaris pada tahun 2023 sebanyak 349.310 kg gurita. Gurita yang melimpah
ini dijadikan Tepung. Teknik pengolahan tepung dapat dikembangkan dalam
manual book yang dapat digunakan oleh siswa dalam pembelajaraan. Penelitian
ini bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan proses sains
(KPS) dalam kegiatan pembelajaran IPA berbasis pangan lokal. Jenis penelitian
ini adalah R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development,
Disseminate). Subjek penelitian adalah Gurita O. vulgaris, O. joubini, siswa kelas
VIII B SMPN 13 Kaur. Diperoleh hasil kandungan nutrisi pada tepung gurita O.
vulgaris dan O. joubini yaitu protein 32,06% dan 33,25%, lemak 29,6% dan 26%,
karbohidrat 19,28% dan 25,29%, kalsium 0,15% dan 0,19%, magnesium 0,87%
dan 1,24%, besi 0,051 % dan 0,04 %, air 13,05 % dan 7,34%, serat 0,73% dan
1,2%, serta abu sebesar 4,2% dan 5,45%. Validasi ahli terhadap Manual book dan
instrumen tes KPS menunjukkan nilai CVI masing-masing sebesar 1,00 (sangat
baik). Hasil lembar observasi menunjukkan skor rata-rata KPS siswa dengan
indikator mengobservasi sebesar 90% (kategori sangat baik) dan indikator
menggunakan alat dan bahan sebesar 83,5% (kategori baik). Uji efektivitas
melalui pretes dan postes menunjukkan peningkatan signifikan dalam
keterampilan proses sains siswa, dengan nilai N-Gain per indikator yaitu indikator
mengamati sebesar 0,73 kategori tinggi, memprediksi 0,74 kategori tinggi,
menafsirkan 0,77 kategori tinggi, menggunakan alat dan bahan 0,97 kategori
tinggi, dan menerapkan konsep 0,68 kategori tinggi. Dapat disimpulkan dari data
penelitian yang diperoleh, indikator KPS yang tergolong tertinggi yaitu
menggunakan alat dan bahan dan indikator KPS siswa paling rendah yaitu
menerapkan konsep.
Kata Kunci: Kandungan Nutrisi, O. vulgaris, O. joubini, Tepung Gurita, Manual
Book, KPS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27993 |