Shabrina, Annida Nurul and M. Lutfi, Firdaus and Euis, Nursaadah (2025) PENGEMBANGAN KIT PRAKTIKUM DETEKSI Cr(VI) BERBASIS GREEN CHEMISTRY MENGGUNAKAN PENGOMPLEKS ALAMI SECARA CITRA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_ANNIDA NURUL SHABRINA_A2L023020_Bebas Perpus UNIB - Annida Nurul Shabrina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Kromium heksavalen [Cr(VI)] merupakan logam berat yang sangat toksik dan
berbahaya bagi kesehatan manusia serta lingkungan, sehingga diperlukan metode
deteksi yang efisien dan berkelanjutan. Selain sebagai upaya pemantauan
lingkungan, pengembangan metode deteksi ini juga dapat diintegrasikan dalam
pembelajaran untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan sejak dini. Penelitian ini
bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan proses sains (KPS)
dalam kegiatan praktik berbasis ramah lingkungan. Jenis penelitian ini adalah R&D
dengan model pengembangan ADDIE. Interaksi antara Cr(VI) dan pigmen
antosianin dalam ekstrak buah murbei (Morus nigra L.) menghasilkan perubahan
warna dari merah ke ungu. Panjang gelombang maksimum kompleks Cr(VI)-
murbei terdeteksi pada 570 nm, dengan koefisien determinasi R² = 0,9982 (UV-
Vis) dan 0,9981 (Digital image Colorimetry), yang menunjukkan korelasi linear
yang sangat kuat. Nilai batas deteksi (LoD) sebesar 0,0410 ppm dan batas
kuantifikasi (LoQ) sebesar 0,138 ppm setara dengan metode spektrofotometri.
Penelitian ini juga menghasilkan produk KIT dan panduan praktikum berbasis
green chemistry. Validasi ahli terhadap menunjukkan nilai CVI terhadap KIT,
panduan praktium, dan instrumen tes KPS masing-masing sebesar 0,95; 0,89; dan
0,96 (sangat baik). Hasil observasi menunjukkan skor rata-rata KPS siswa di kelas
eksperimen sebesar 83,7% (kategori baik), sedangkan kelas kontrol sebesar 63,6%
(kategori cukup). Uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam
keterampilan proses sains siswa, dengan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,82
(kategori tinggi) dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,42 (kategori sedang). Produk
ini inovatif dalam aspek analisis kimia, dan juga efektif dalam mendukung
pembelajaran sains berorientasi lingkungan dan berkelanjutan. Keterbatasan
penelitian ini pada indikator menerapkan konsep belum sepenuhnya terpenuhi
karena masih terdapat langkah analisis yang tidak dilakukan langsung oleh siswa.
Kata Kunci: Kromium Heksavalen, Green Chemistry, Digital Image Colorimetry,
KIT dan Panduan Praktikum, Keterampilan Proses Sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Science Education Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/27995 |