RAHMASARI, ADELIA and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VII di SMPN 25 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Adelia Rahmasari_A2M023003_Perpus - Adelia adel.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji ada atau tidak adanya perbedaan
prestasi belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media
pembelajaran Youtube dengan siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran
flashcard; 2) menguji ada atau tidak adanya pengaruh interaksi antara media
pembelajaran dan minat terhadap prestasi belajar siswa; 3) menguji ada atau tidak
perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi
mengikuti pembelajaran menggunakan media Youtube dengan mengikuti
pembelajaran menggunakan media flashcard; dan 4) menguji ada atau tidak
perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki minat belajar rendah
mengikuti pembelajaran menggunakan media Youtube dengan mengikuti
pembelajaran menggunakan media flashcard. Penelitian ini menggunakan
metode quasi eksperimen dengan desain analisis faktorial. Jumlah populasi
pada penelitian ini sebanyak 89 siswa kelas VII A, VII B, dan VII C. Sampel
berjumlah 60 siswa yang ditentukan dengan cara simpel random sampling untuk
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara diacak melalui
undian. Data diperoleh melalui tes minat belajar dan tes prestasi belajar bahasa
Inggris. Data dianalisis melalui teknik analisis faktorial dua jalan. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa: 1) prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran Youtube lebih tinggi daripada prestasi belajar
siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran flashcard; 2) ada
pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan minat terhadap prestasi belajar
siswa; 3) prestasi belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi
dengan mengikuti pembelajaran menggunakan media Youtube dibandingkan
mengikuti pembelajaran menggunakan media flashcard; dan 4) prestasi belajar
siswa yang memiliki minat belajar rendah lebih tinggi dengan mengikuti
pembelajaran menggunakan media flashcard dibandingkan mengikuti
pembelajaran menggunakan media Youtube.
Kata Kunci: Media pembelajaran, minat belajar siswa, prestasi belajar, kosakata,
Youtube, flashcard
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28033 |