Irka, Aina Novita and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aina Novita Irka_A2M023004full-1 - Aina Novita Irka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model
Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kerjasama, (2)
mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk
meningkatkan prestasi belajar, (3) efektivitas penerapan model Problem
Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini
dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi
eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
lembar observasi untuk mengukur kerjasama peserta didik, dan tes model
Problem Based Learning (PBL) untuk mengukur peningkatan kerjasama
peserta didik, serta tes untuk mengukur prestasi belajar. Untuk analisis data
yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII B penelitian
menghasilkan kesimpulan: (1) Penerapan Model Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan kerjasama peserta didik, (2) Penerapan Model
Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar, (3)
Penerapan model Problem Based Learning (PBL) efektif meningkatkan
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika.
Kata kunci : model problem based learning, kerjasama, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28034 |