Yolanda, Ervina and Nina, Kurniah and Nesna, Agustriana (2025) PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DAN KETERAMPILAN KOLABORASI (Studi Pada Kelompok B Di TK Fatma Kenanga Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ervina yolanda_A2M023009 - Kinder A Jujur.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode bermain balok
untuk meningkatkan kemampuan matematika awal dan keterampilan
kolaborasi anak kelompok B TK Fatma Kenanga Kota Bengkulu. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilanjutkan dengan quasi
eskperiment. Populasi penelitian adalah anak kelompok B TK Fatma
Kenanga Kota Bengkulu yang terdiri dari 36 anak. Sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik Random sampling dengan cara memilih acak
menggunakan web spin wheel. Subjek penelitian dilakukan pada kelompok
B (Disiplin) sebagai kelas PTK, kelompok B (kreatif) sebagai kelas
eksperimen, dan kelompok B (Jujur) sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain balok dapat
meningkatkan kemampuan matematika awal dan keterampilan kolaborasi
secara signifikan serta efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika
awal yang dibuktikan melalui quasi eksperiment. Analisis data menggunakan
persentase dan uji t yaitu paired sample t test dan independent sample t test.
Kata Kunci : Metode bermain balok, kemampuan matematika awal,
Keterampilan Kolaborasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:22 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28036 |