Azimi, Mim and Nina, Kurniah and Nesna, Agustriana (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN TANGGUNG JAWAB (Studi pada Anak Kelompok B di TK Negeri Model Argamakmur, Bengkulu Utara). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mim Azimi_A2M023011 - mimi azimi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan tanggung jawab anak, di Taman kanak–kanak Negeri Model
Argamakmur Bengkulu Utara. Metode penelitian ini menggunakan PTK
dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi selama 3 siklus, dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek
penelitian PTK adalah kelompok B4, sedangkan populasi eksperimen dan
kontrol berjumlah 75 anak, untuk kuasi eksperimen dan kontrol adalah
kelompok B5 dan B6, kemudian ditetapkan secara undi. Data dikumpulkan
melalui obsevasi sedangkan analisis data menggunakan persentase dan
t-tes. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
tanggung jawab anak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis
anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Model Argamakmur.
Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, kemampuan berpikir
kritis tanggung jawab, anak usia dini, Taman Kanak-Kanak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28039 |