PURNIATI, PURNIATI and Johanes, Sapri and Nina, Kurniah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Studi pada Anak Kelompok B TK Dharma Pertiwi Batik Nau, Bengkulu Utara). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PURNIATI_2AM023016.revisi - PURNIATI PURNIATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan
kemampuan berpikir kritis anak. Penelitian ini dilaksanakan di TK Dharma Pertiwi
Batik Nau, Bengkulu Utara, pada bulan Februari-Maret 2025. Penelitian ini adalah
penelitian kombinasi dengan dua tahap penelitian; tahap pertama merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tahap kedua yaitu
kuasi eksperimen. Subjek PTK ini adalah kelas B1, kelas eksperimen B2, dan kelas
kontrol B3, masing masing 15 anak. Pemilihan kelas tersebut dilakukan secara
acak dengan diundi. Data diperoleh menggunakan observasi, kemudian dianalisis
dengan menggunakan rumus persentase rata-rata dan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat
meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak; kemampuan berpikir kritis; dan
secara efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Rekomendasi
yang diajukan antara lain: guru diharapkan mampu menerapkan model
pembelajaran berbasis poyek sebagai alternatif pembelajaran yang dapat
digunakan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan kemampuan
berpikir kritis; guru perlu sering melatih anak menyelesaikan berbagai proyek yang
dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan kemampuan berpikir kritis;
guru perlu memonitoring pasrtisipasi setiap anak dalam menyelesaikan proyek,
sehingga dapat meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar; sekolah perlu
menyelenggarakan kegiatan seperti pameran untuk memfasilitasi kreatifitas anak
melalui pembelajaran berbasis proyek; dan untuk penelitian selanjutnya, dapat
mengembangkan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek pada subjek yang berbeda.
Kata kunci: Model pembelajaran berbasis proyek, keterampilan berkomunikasi,
kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 02:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28043 |