PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Informatika Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 2 Kaur)

Rahmadayani, Sendi and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Informatika Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 2 Kaur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
SENDI RAHMADAYANI A2M023017 NEW - sendy rahmadayani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif untuk mneingkatkan partisipasi dan prestasi belajar peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development). Prosedur pengembangan pada penelitian ini
menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation,
Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri
2 Kaur yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari lembar penilaian oleh ahli, lembar angket partisipasi belajar,
lembar pretest dan posttest dengan validasi media yang dilakukan oleh ahli
media. Hasil validasi dari ahli media memperoleh rata-rata 3,94 dari skala
range kreteria penilaian dalam kategori “Sangat Layak”. Sementara
berdasarkan hasil dari validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar
3,88 dari skala range kreteria penilaian dengan kategori “Sangat Layak”.
Implementasi media dilakukan dalam pembelajaran informatika dengan
mengamat perubahan tingkat partisipasi dan prestasi belajar peserta didik
sebelum dan sesudah penggunaan media. Uji terbatas, yang diperoleh
untuk angket partisipasi peserta didik memperoleh rata-rata yaitu 3,10,
sedangkan untuk uji skala luasnya hasil rata-rata yang diperoleh yaitu 3,14.
Pada uji coba skala luas memperoleh hasil uji t dengan signifikansi 0,00 (�
< 0,05), dengan rata-rata (mean) 86,1 sedangkan kelas kontrol memperoleh
rata-rata (mean) 69,1. Hal ini menunjukkan adanya peningkatkan yang
signifikan dalam partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran,
serta peningkatan rata-rata nilai peserta didik setelah menggunakan media
pembelajaran interaktif diabndingkan dengan nilai sebelum perlakuan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE,Partisipasi dan Prestasi
Belajar, Informatika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Oct 2025 02:22
Last Modified: 08 Oct 2025 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28046

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200