PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII di SMP Negeri 02 Bengkulu Tengah)

JIMMI, JIMMI and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CAPCUT DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII di SMP Negeri 02 Bengkulu Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
Tesis lengkap _merged_compressed - Perpustakaan SMPN 2 Benteng.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi CapCut
dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila kelas VII SMP Negeri 02 Bengkulu Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen semu (quasi experiment), melibatkan dua kelompok:
kelompok eksperimen yang menggunakan CapCut dalam penerapan
PjBL, dan kelompok kontrol tanpa penggunaan CapCut. Selain itu,
variabel gaya belajar (auditorial dan visual) juga dianalisis untuk melihat
interaksi antara model pembelajaran dan preferensi belajar siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar,
sementara analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari
penggunaan CapCut dalam model PjBL terhadap prestasi belajar siswa.
Gaya belajar juga memengaruhi prestasi belajar, dan terdapat interaksi
yang signifikan antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap
hasil belajar siswa. Temuan ini merekomendasikan integrasi teknologi
video editing seperti CapCut dalam model pembelajaran PjBL untuk
meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa.
Kata Kunci: Project Based Learning, CapCut, Gaya Belajar, Prestasi
Belajar, Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Oct 2025 02:22
Last Modified: 08 Oct 2025 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28048

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200