PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN PROJCT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Sari, Ety Julia Puspita and Padi, Utomo and Ria, Ariesta (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN PROJCT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1A021014_ Ety julia puspita sari_Skripsi_2025. - Ety julia P.S.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks
biografi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk
Write (TTW) dan siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning
(PJBL) pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain static group comparison.
Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 37 siswa.
Kelas pertama diajar menggunakan model pembelajaran Think Talk Write,
sedangkan kelas kedua menggunakan model Project Based Learning. Instrumen
penelitian berupa tes menulis teks biografi dengan penilaian mencakup lima
aspek, yaitu struktur teks, diksi, isi, kalimat, dan ejaan. Teknik analisis data
menggunakan independent sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai
rata-rata kelas TTW adalah 86,83, sedangkan kelas PJBL memiliki rata-rata
70,64. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 8,05, lebih besar dari
t tabel sebesar 1,993. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan
secara statistik antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks biografi yang signifikan
antara siswa yang diajar menggunakan model TTW dan PJBL, di mana model
TTW menunjukkan hasil yang lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan
menulis teks biografi.
Kata kunci: think talk write, project based learning, menulis, teks biografi, kuasi
eksperimen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:52
Last Modified: 08 Oct 2025 03:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28090

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200