Phinandita, Dela and Padi, Utomo and Noermanzah, Noermanzah (2025) PENGARUH MODEL TPACK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1A021035-DELA PHINANDITA-SKRIPSI_compressed - Dela Phinandita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Keterampilan menulis teks negosiasi peserta didik masih tergolong rendah,
terutama pada aspek isi, struktur, dan unsur kebahasaan. Untuk mengatasi hal
tersebut, penelitian ini menerapkan model pembelajaran TPACK sebagai salah satu
solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan
menulis teks negosiasi peserta didik sebelum diberikan model TPACK (pretest), (2)
mendeskripsikan keterampilan menulis teks negosiasi peserta didik setelah
diberikan model TPACK (posttest), dan (3) menganalisis pengaruh model TPACK
terhadap keterampilan menulis teks negosiasi. Pendekatan yang digunakan adalah
kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari
35 siswa kelas X-B SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan
berupa tes menulis teks negosiasi untuk mengukur keterampilan menulis peserta
didik berdasarkan aspek isi, struktur, dan unsur kebahasaan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 51 (kategori “Kurang”),
sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 85 (kategori “Baik Sekali”). Hasil uji
Paired Sample t-Test menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara hasil pretest
dan posttest, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan t-hitung sebesar 16,54
yang lebih besar dari t-tabel 2,032. Penerapan model TPACK dalam penelitian ini
melibatkan penggunaan teknologi seperti AI, Ahaslide, ClassPoint, YouTube, dan
Break Time, dengan pendekatan pedagogis berbasis genre dan materi pembelajaran
berupa teks negosiasi. Temuan ini menunjukkan bahwa model TPACK
berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis teks negosiasi peserta didik.
Kata Kunci: Model TPACK, Menulis, Teks Negosiasi, Kuantitatif, SMA Negeri
10
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:52 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28091 |