PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 LEBONG

Nirwana, Dandi Putra and Catur, Wulandari and Didi, Yulistio (2025) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DANDI PUTRA A1A018048_compressed - Muhammad Al-Jufri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
menulis puisi untuk siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 1 Lebong dan waktu penelitian yang dilaksanakan pada
saat semester genap pada bulan Maret tahun Tahun 2025, Data yang didapat
dalam penelitian ini berupa data yang didapat dari selembaran observasi dan
selembaran instumen penelitian dan sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu
guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Lebong dan 30 siswa kelas
IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi/pengamatan dan dokumentasi. Teknik Analisis Instrumen dalam
penelitian ini yaitu pedoman pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data
mengadaptasi dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lebong
sudah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum merdeka, yaitu terdapat tahap
pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti,
dan kegiatan penutup. Ditahap pendahuluan ini ditemukan bahwa guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam, mengabsensi siswanya satu persatu,
dan mengkondisikan suasana kelas, tetapi pada tahapan pendahuluan ini juga
ditemukan bahwa guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Untuk ditahap
inti pembelajaran guru menggunakan stategi pembelajaran yang variatif yaitu
metode literasi/ceramah, dimana gurunya mengajak siswa untuk aktif didalam
pembelajaran, guru melakukan kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi,
yang mana siswanya diajak untuk berfikir kritis, menagajak berdiskusi dengan
bertanya dan secara aktif mengerjakan tugas. Selanjutnya untuk penggunaan
media ajar dengan efektif guna mendukung pemahaman siswa. Guru juga
melakukan interaksi dengan siswanya. Ditahap penutup ditemukan guru
menyampaikan tindak lanjut berupa pemberian tugas, ditahapan ini tidak
ditemukan refleksi, penarikan kesimpulan dan penguatan materi. Kemudian
komponen pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tujuan pembelajaran,
metode pembelajaran, alat dan bahan pembelajaran, model pembelajaran, sumber
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta seluruh pelaksanaan pembelajaran
sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci: pembelajaran, menulis puisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:52
Last Modified: 08 Oct 2025 03:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor